Penggunaan Skincare Saat Memasuki Usia Remaja
- hypewebsite

- Dec 2, 2022
- 2 min read
Penulis: Kristi Monika (915220100)
(18/11/2022) (13:50 WIB)

Skincare adalah perawatan kulit menggunakan serangkaian produk untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kita pasti pernah mendengar perkataan yang menyimpulkan bahwa produk perawatan wajah hanya boleh digunakan oleh orang dewasa. Banyak orang mengira produk perawatan kulit hanya boleh digunakan saat kita sudah berumur 20 keatas. Namun, sebenarnya produk perawatan kulit atau skincare itu sebenarnya sangat penting untuk digunakan semenjak kita memasuki usia remaja, loh! Tapi apakah segala jenis skincare dapat kita gunakan tanpa aturan pemakaian ataupun batas usia?
Penggunaan skincare tentunya memiliki aturan dalam pemakaian. Selain itu, ada beberapa jenis skincare yang bisa digunakan sebagai tahap awal saat kita memasuki masa remaja, yaitu masa dimana kulit kita membutuhkan perawatan extra (16+) ada pula yang dikategorikan sesuai dengan jenis kulit, dan sebagainya. Apa saja jenis skincare berdasarkan cara penggunaan dan tipe kulit kita?

Basic Skincare
Pertama, untuk pemula yang baru ingin memulai pemakaian skincare setelah mengetahui kondisi kulit (normal, kering, berminyak, atau sensitif) dapat menggunakan basic skincare yaitu
Micellar Water
Step pertama ini digunakan untuk mengangkat debu/kotoran di wajah kita menggunakan kapas.
Facial Wash
Sabun cuci muka yang kita gunakan tentunya harus sesuai dengan tipe kulit kita. Facial wash tentunya tidak boleh kita lupakan karena merupakan step penting untuk membersihkan wajah.
Toner
Toner digunakan untuk menyeimbangkan pH wajah setelah step kedua.
Moisturizer
Sesuai dengan nama, produk ini digunakan untuk menjaga kelembaban wajah.
Sunscreen
Step yang tidak kalah penting dengan yang lainnya adalah sunscreen. Sunscreen digunakan untuk menghindari sinar UV yang selalu kita hadapi di kehidupan sehari-hari. Penggunaannya sebanyak 2 jari dan dapat di re-apply minimal 2 jam setelah pemakaian.

Exfoliate
Ketika merasa basic skincare sudah dilakukan namun kulit mati tetap tersisa, langkah selanjutnya adalah exfoliating. Untuk exfoliate, dianjurkan untuk tidak dipakai setiap hari agar tidak over exfoliate karena dapat menyebabkan dry skin.

Serum, Ampoule, Booster
3 produk ini dapat digunakan sebelum tidur, sebelum penggunaan pelembab. Manfaatnya sesuai dengan kandungan didalam produk yang kita pilih, baik untuk mencerahkan, melembabkan, dll.

Masker Wajah
Terakhir adalah masker wajah. Masker wajah memiliki beberapa jenis yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan wajah, (contoh: sheet mask, clay mask, masker berbentuk gel) dan juga memiliki tata cara penggunaan yang berbeda sesuai dengan kondisi kulit.
Itu dia macam-macam skincare berdasarkan penggunaan dan manfaatnya. Jika kalian sudah merasakan kemunculan masalah kulit, atau ingin menghindari masalah tersebut, mulailah pemakaian skincare mulai dari basic skincare dan hentikan apabila mengalami breakout.
Referensi
(2022). Skincare. Diakses dari
.png)



Comments